• Hai, Welcome ! Like us on:

Pascapanen PENANGANAN JERUK

01.26
BUAH JATUH DI PANEN

Di negara-negara tropis dan subtropis, pengembangan buah dipengaruhi oleh suhu. Kematangan dari kulit dan kematangan daging buah tidak disinkronkan. Buah ini dapat dimakan bahkan ketika kulit masih tetap hijau.

Buah masak bervariasi dalam ukuran, bahkan mereka pada pohon yang sama dengan jeruk manis seperti Valencia atau Liucheng, pemanenan harus dimulai dengan buah kecil yang jatuh tempo pertama.


 Dengan mandarin seperti Ponkan, itu adalah akhir dari buah terjauh dari batang yang berubah menjadi kuning pertama. Pemanenan harus dimulai dengan buah yang besar. Buah lebih kecil, atau mereka yang lambat untuk mengubah warna, harus dipanen di kemudian hari dalam musim.

WAKTU HARI UNTUK PANEN

Cara terbaik untuk panen jeruk pada hari, jelas cerah dengan kelembaban rendah. Buah harus dipanen segera setelah embun telah menguap. Pada suatu hari yang berawan, buah harus dipanen pada sore hari. Buah sebaiknya tidak dipanen sama sekali pada hari hujan.


 PANEN METODE

Untuk mencegah kerusakan fisik pada buah, pekerja harus memangkas / nya kuku, memakai sarung tangan, dan menggunakan gunting panen khusus dengan ujung bulat untuk memotong buah. Untuk memanen buah, harus diadakan di satu tangan, dan tangan lainnya digunakan untuk memotong batang buah bersama dengan beberapa daun. Kemudian buah ini dibawa dekat dengan dada dan seluruh batang terputus lancar, dekat dengan buah.


 WADAH DIGUNAKAN UNTUK PANEN

Wadah yang digunakan untuk buah yang baru dipanen harus solid, dengan Buah ventilasi yang baik dalam wadah yang fleksibel cenderung menghancurkan satu sama lain, menyebabkan memar. Bagian bawah dari kayu atau bambu kontainer harus dilapisi dengan koran, kantong kertas atau sekarung pupuk. Penting untuk memindahkan kontainer sesedikit mungkin, dan tidak meninggalkan mereka berdiri di bawah sinar matahari


 GRADASI DAN daya simpan

Jeruk yang dinilai berdasarkan ukuran. Hal ini dapat dilakukan dengan tangan atau dengan mesin. Jika petani tersebut grading jeruk secara manual, yang terbaik adalah untuk tidak menilai ukuran hanya dengan mata, tapi untuk menggunakan beberapa jenis alat pengukur. Sebuah cara sederhana untuk memeriksa ukuran buah adalah untuk memotong serangkaian lubang bundar di papan kayu tipis atau sepotong karton tebal, menurut ukuran standar untuk pasar yang beragam (Gbr. 6). Sebuah mesin drum bergulir jenis ini sering digunakan oleh petani di Taiwan. Lainnya murah mesin grading juga tersedia.

Buah dengan ukuran yang berbeda tidak boleh dicampur bersama-sama, atau harga pasar petani mendapat mungkin hanya itu buah terkecil.


 Ukuran optimal untuk buah bervariasi dari satu varietas yang lain. Umumnya, buah besar mengambil harga tertinggi. Namun, dalam kasus mandarin seperti Ponkan, buah besar (8,5 cm) dan buah ekstra besar (9,0 cm) memiliki rendahnya tingkat padatan terlarut total dan kandungan asam rendah. Mereka memiliki kulit tebal dan jus sedikit, dan tidak menyimpan dengan baik. Mereka harus dikonsumsi segera setelah panen.

Menengah (8,0 cm) dan berukuran kecil (7,5 cm) buah Ponkan memiliki tingkat lebih tinggi padatan terlarut total dan kandungan asam yang lebih tinggi, sehingga rasa membaik setelah penyimpanan jangka pendek.


 Dalam kasus jeruk seperti Valencia dan Liucheng, padatan terlarut total dan asam jatuh konten sebagai buah menjadi lebih besar. Buah kecil (6,0-6,5 cm) memiliki kulit tipis dan tinggi gula larut total dan asam, tetapi juga lebih cenderung membusuk di gudang. Mereka harus dikonsumsi segar. Buah berukuran sedang (7,0 - 7,5 cm dengan diameter) memiliki insiden rendah busuk buah setelah penyimpanan. Pengujian telah menunjukkan mereka masih memiliki rasa yang baik setelah dua bulan penyimpanan. Buah besar (lebih dari 7,5 cm) memiliki rendah insiden busuk buah tapi rasa miskin setelah penyimpanan, karena tingkat rendah gula larut total dan kandungan asam yang rendah.

 PENGOBATAN SETELAH PANEN

Hanya buah yang belum rusak dalam panen digunakan untuk penyimpanan, meskipun sulit untuk memanen buah tanpa beberapa kerusakan kecil. Kadang-kadang pengobatan kimia yang diterapkan pada buah sebelum disimpan, untuk mengurangi kejadian penyakit pascapanen.

Buah jeruk usia selama penyimpanan. Batang menjadi pertama kuning, kemudian coklat. Akhirnya, tetes dari, meninggalkan tempat yang rentan pada buah yang mungkin terinfeksi oleh penyakit jamur. Sebuah pengobatan 10 hingga 40 ppm 2,4-D dapat mencegah batang buah dari mengering dan berguguran.


 Para thiabendazole kimia (40% diencerkan pada 500X) dapat disemprotkan ke buah satu atau dua minggu sebelum panen. Atau, buah dapat direndam selama tiga menit segera setelah panen. Pengobatan mengurangi insiden busuk buah selama penyimpanan. Iminoctodine 25%, (diencerkan pada 2000x) dapat digunakan sebagai semprotan empat hari sebelum panen, atau digunakan untuk merendam buah sebelum mereka dikemas. Hal ini juga mengurangi kejadian busuk buah.

LAIN SEBELUM PERAWATAN PENYIMPANAN

Setelah pengobatan panen atau kimia, buah harus disimpan di tempat teduh selama beberapa hari sebelum mereka dimasukkan ke dalam kantong plastik PE. Tas harus 0,02-0,03 mm. Menjaga buah di bawah naungan dengan cara ini adalah pengobatan yang menyembuhkan, untuk mengurangi kadar air dari kulitnya. Hal ini mengurangi aktivitas sel di kulit, yang dinyatakan mungkin melunakkan buah.


 Waktu yang dibutuhkan untuk kehilangan air atau penguapan tergantung pada suhu, lamanya waktu buah ini untuk disimpan, dan ketebalan kulitnya. Jika suhu tinggi, buah jeruk perlu jangka waktu yang lebih menyembuhkan. Mereka juga perlu waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan jika mereka ingin disimpan untuk waktu yang lama, atau jika mereka memiliki kulit tebal.

Rata-rata, dibutuhkan tiga sampai tujuh hari untuk mengurangi berat buah sekitar 3%. Sebuah kadar air lebih tinggi dari ini penyebab mengembun di dalam kantong plastik, menyebabkan batang membusuk. Kehilangan air dapat menyembuhkan luka kecil pada kulit dan mengurangi kejadian busuk selama penyimpanan.


 Buah yang harus disimpan untuk jangka panjang yang dibungkus dalam plastik, untuk mengurangi kehilangan air. Kadang-kadang hanya satu buah disimpan dalam tas masing-masing. Ini adalah kasus dengan mandarin seperti Ponkan. Namun dengan varietas lain seperti Valencia atau Tonkan, beberapa lapisan buah dapat disimpan dalam tas masing-masing.
Jika buah ini, harus disimpan selama lebih dari dua bulan, PE film yang digunakan, membungkus peti buah ditumpuk untuk membentuk pilar.


 PENYIMPANAN

Krat plastik atau kotak yang digunakan untuk menyimpan buah. Mandarin seperti Ponkan harus disimpan dengan hanya satu atau dua lapisan per kotak. Jeruk manis seperti Valencia atau Liucheng harus disimpan dengan tiga atau empat lapisan per kotak. Lapisan terlalu banyak dalam satu kotak dapat menyebabkan memar buah.

Kotak harus ditumpuk di dalam ruang penyimpanan dengan cara yang mempertahankan ventilasi yang baik. Selama beberapa minggu pertama penyimpanan, jendela ventilasi harus dibiarkan terbuka. Selama masa penyimpanan, jendela harus dibiarkan terbuka pada malam hari atau cuaca dingin, untuk mendinginkan buah.

Ketika temperatur tinggi pada siang hari, jendela ventilasi harus ditutup. Sinar matahari tidak dapat menembus dalam ruang penyimpanan. Setiap buah membusuk yang ditemukan harus dihapus.


 Ruang penyimpanan harus dibangun di tempat-tempat udara dingin bisa mengalir ke ruang di malam hari. Ruang penyimpanan harus memiliki atap yang tinggi, untuk memungkinkan sirkulasi yang lebih baik dari udara dingin di malam hari. Jendela ventilasi harus kecil tapi harus ada sejumlah besar dari mereka, untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Dianjurkan untuk beberapa pipa ventilasi harus dikubur di bawah tanah, untuk membawa udara dingin melalui lantai ruangan.

Atap dan dinding harus memiliki insulasi panas yang baik, untuk menjaga suhu sedingin mungkin. Ruang penyimpanan harus serangga dan tikus-bukti-bukti. Sebuah ruang penyimpanan yang baik merupakan kunci untuk memperpanjang umur simpan tetap menjaga kualitas buah. Ruangan harus tetap bersih, dan semua buah-buahan membusuk harus diangkat. Sebelum disimpan, ruangan harus dibersihkan dengan mencuci dinding dan lantai dengan 5% formalin.


 Cara lain untuk menyimpan buah adalah dengan meninggalkan mereka di pohon. Di California, jeruk Valencia dapat dibiarkan di pohon selama lima bulan, dari Mei hingga Oktober. Di Taiwan, ini telah dicoba untuk jeruk Liucheng sangat mirip. Namun, panen hanya dapat ditunda selama satu bulan dan kemudian drop buah ke tanah.

0 komentar:

Posting Komentar

Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies blogku and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. blogku will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.